Selasa, 30 Agustus 2011

Taman Nasional Lorentz

Sudah pernah dengar Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz terdapat di Pulau Papua dengan luas 2.450.000 hektar. Meliputi Kabupaten Paniai, Kabupaten Fak-fak, dan Kabupaten Merauke dengan letak geografis pada  3°41’ - 5°30’ LS, 136°56’ - 139°09’ BT. 

Yang menarik, suhu udara di Taman Nasional ini sungguh bervariasi yaitu dari dibawah 0° hingga 29-32°. Hal ini terjadi karena Taman Nasional Lorentz memiliki ekosistem yang sangat lengkap, yaitu dari puncak gunung es Jayawijaya sampai dengan perairan di Laut Arafuru di selatan Papua. Dengan begitu Taman Nasional Lorentz merupakan taman nasional terlengkap yang mewakili ekosistem di Asia Tenggara dan Pasifik.

Ekosistem Taman Nasional Lorentz yang lengkap menampilkan spektrum ekologis menakjubkan dari kawasan vegetasi alpin, sub-alpin, montana, sub-montana, dataran rendah, dan lahan basah. Hal ini pula yang menyebabkan keragaman flora dan fauna di Taman Nasional Lorentz sangat beragam. Meliputi tanaman dan hewan dari ekosistem gunung salju hingga ekosistem hutan mangrove di pantai.

Tak salah jika Taman Nasional Lorentz merupakan kekayaan alam yang harus dijaga. Dan oleh karenanya, UNESCO menetapkan Taman Nasional Lorentz sebagai Situs Warisan Alam Dunia dan ASEAN menetapkan sebagai Warisan Alam ASEAN.

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz
Taman Nasional Lorentz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar