Minggu, 28 Agustus 2011

Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo, apakah anda mengenal taman nasional ini ? Mungkin tidak, karena sepertinya masih lebih terkenal Taman Nasional Ujung Kulon yang merupakan suaka margasatwa terakhir bagi Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus). Jika TN Ujung Kulon ada di ujung barat Pulau Jawa, maka Taman Nasional Alas Purwo berada di ujung timur Pulau Jawa.

Sebenarnya, seperti TN Ujung Kulon, Taman Nasional Alas Purwo mewakili ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah di Pulau Jawa. Dan tidak ada satwa yang terancam punah di habitat ini. Tidak seperti Taman Nasional Meru Betiri ( juga di Jawa Timur) yang merupakan suaka margasatwa bagi terakhir Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) yang telah punah. Jadi, sebenarnya Taman Nasional ini biasa saja.

Ya, tentu biasa saja jika anda tidak mengetahui pesona sebenarnya dari Taman Nasional Alas Purwo. Tahukah anda bahwa Taman Nasional Alas Purwo memiliki Pantai Plengkung yang merupakan salah satu tempar surfing terbaik di dunia ?? Begitulah adanya, Pantai Plengkung atau para surfer kelas dunia menyebutnya G-Land, merupakan pantai dengan ombak dan gelombang yang sangat baik untuk berselancar.

Selain itu, pantai dan hutan tropisnya, terdapat pula pesona budaya di daerah ini. Masyarakat yang sangat memegang teguh adat 'Blambangan', masih banyak mengadakan ritual-ritual budaya yang sangat menarik untuk dipelajari. Terdapat pula sebuah pura yang talh berumut ratusan tahun di dalam Taman Nasional Alas Purwo.

Jika anda berkunjung ke daerah Semenanjung Blambangan di Jawa Timur, jangan lupa anda kunjungi Taman Nasional Alas Purwo. Pengalaman dan petualangan akan anda temui disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar